FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN

Sponsored Links

Manajemen keuangan adalah pekerjaan atau kegiatan yang berhubungan dengan pemeriksaan, penganggaran, perancanaan, pengendalian, pengeloloan, penyimpanan, dan pencarian dana yang di butuhkan oleh suatu perusahaan atau suatu organisasi. Seorang manajer dalam perusahaan manajemen keuangan harus mengetahui bagaimana cara mengelola bebagai unsur dalam segi keuangannya. Dalam hali ini wajib di lakukan karena keuangan merupakan salah satu unsur yang paling penting di dalam suatu manajemen perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah di rencanakan. Maka dari itu fungsi manajemen keuangan bisa di biang sangat penting. Dalam manajemen keuangan tentu ada aktivitas-aktivitas yang di lakukukan dan mempunyai tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Berikut adalah aktivitas manajemen keuangan:

  1. Aktivitas penggunaan dana, aktivitas ini adalah aktivitas untuk menginvestasikan dana di berbagai aktivitas yang diikuti oleh manajemen tersebut.
  2. Aktivitas perolehan dana, aktivitas ini adalah aktivitas yang di lakukan untuk medapatkan sumber dana, baik dari sumber dana yang sifatnya internal maupun sumber dana yang sifatnya ekternal dai perusahaan.
  3. Aktivitas pengelolaan dana, aktivitas ini adalah aktivitas yang di peroleh dan dialokasikan dalam bentuk aktiva dan dana harus di kelola sebaik mungkin dan harus seefisien mungkin.

 

Dan berikut adalah beberapa fungsi manajemen keuangan yang dianggap penting dalam suatu perusahaan:

  • Perencanaan keuangan: yang membuat rencana pengeluaran dan pemasukan serta berbagai kegiatan-kagitan yang lainnya selama period tertentu.
  • Penganggaran keuangan:¬† sebuah tindak lanjut dari perencanaan keuangan sembil membuat detail pengeluaran dan pemasukan uang dalam perusahaan atau organisasi tertentu.
  • Pengelolaan keuangan: pengelolaan ini menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada pada perusahaan dengan berbagai macam cara.
  • Pencarian keuangan: guna mencari dan mengekspoitasi sumber dana yang ada pada perusahaan untuk suatu kegiatan perusahaan.
  • Penyimpanan uang: untuk mengumpulkan dana yang dimilki oleh perusahaan juga menyimpan dan mengamankan dana tersebut hingga tidak terganggu oleh apapun.
  • Pengendalian keuangan: untuk melakukan evaluasi dan perbaikan keuangan dan sistem keuangan di dalam perusahaan, dan apa-apa saja yang menjadi kendalanya.
  • Pemeriksa keuangan: pemeriksa keuangan bertugas untuk melakukan audit internal pada keuangan dalam perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan atau kesalah pahaman.
  • Laporan keuangan: menginformasikan tentang kondisi keuangan suatu perusahaan sekaligus sebagai bahan untuk di jadikan evaluasi dalam perusahaan.

 

Fungsi-fungsi manajemen keuangan diatas bila di kaitkan dengan tujuannya dan tujuan seorang manajer bisa meliputi hal-hal yang sebagai berikut:

  1. Melakukan pengawasan biaya yang di perlukan perusahaan.
  2. Menetapkan suatu kebijaksanaan harga.
  3. Meramalkan laba yang kira-kira akan masuk dalam perusahaan.
  4. Mengukur dan menjajaki biaya modal kerja yang memang di perlukan dalam suatu perusahaan.

 

Tags:

"'fungsi manajemen keuangan''fungsi manajemen keuangan yang berkaitan aktivitas manajemen perusahaan''manaemen keuangan adalah'"

Related Posts

0 Photos of the FUNGSI MANAJEMEN KEUANGAN

Leave a comment

You might also likeclose