FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN

Sponsored Links

Manajemen pendidikan dalam arti yang lebih luas adalah sebuah proses keseluruhan, kegiatan bersama dalam bidang pendidikan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya organisasi. Pengarahan yang di lakukan dalam fungsi manajemen pendidikan itu meliputi kepemimpinan, motivasi, pengambila keputusan, koordinasi, komunikasi, pemecahan masalah, dan lain-lain. Fungsi manajemen pendidikan mencakup bidang-bidang yang di garap secara luas, kepengawasan atau supervisi pendidikan, diantaranya  kepemimpinan, administrasi bisnis pendidikan, organisasi lembaga pendidikan dan masih banyak lagi. Selebihnya dari fungsi manajemen pendidikan masih sama seperti fungsi manajemen secara umum dan fungsi manajemen menurut parah ahli seperti:

 Menurut Henry Fayol:

  1. Planning atau perencanaan merupakan penetapan tujuan organisasi dan penentuan taktik kebijaksanaan dalam suatu program atau prosedur yang di butuhkan untk mencapai tujuan.
  2. Organizing atau pengorganisasian penentuan sumberdaya manusia yang akan di pekerjakan untuk suatu organisasi yang sangat di butuhkan agar dapat mencapai tujuan yang telah di rencanakan.
  3. Staffing merupakan penyusanan personalia yang terlebih dahulu melakukan pelatihan dan pengembangan diri pada karyawan lain dalam lingkungan kerja agar mendapat karyawan yang produktif.
  4. Leading bagaimana membuat para karyawan melakuakan pekerjaan yang sesuai dengan rencana.
  5. Controlling penerapan cara dan alat untuk menjamin bahwa rencana yang telah disusun berjalan dengan baik.

Menurut Goerge Terry:

  1. Perancanaan (planning) sabagai dasar pemikiran dari tujuan dan penyusunan langkah-langkah yang akan di gunakan untuk mencapai tujuan tertentu. Merencanakan berarti mempersiapkan segala sesuatu yang di butuhkan untuk langkah selanjutnya, juga memperhitungkan secara matang-matang apa saja yang kira-kira menjadi kendala.
  2. Pengorganisasian (organization) sebagai cara untuk mengumpulkan orang-orang dan menempatkan orang-orang tersebut menurut kemampuan dan keahliannya dalam pekerjaan yang sudah di rencanakan.
  3. Penggerakan (actuating) sebagai cara untuk menggerakan organisasi agar berjalan sesuai dengan pembagian kerja masing-masing dan menggerakan seluruh sumber daya manusia (SDM) dalam suatu organisasi agar kegiatan yang di lakukan bisa berjalan sesuai dengan rencana supaya bisa mencapai tujuan atau target.
  4. Pengawasan (controling) sebagai cara untuk mengawasi apakah gerakan organisasi tersebut berjalan sesuai dengan rencana yang telah di tentukan atau tidak. Juga mengawasi sumber daya manusia dalam organisasi agar bisa terpakai secara efektif dan efisien tanpa ada kendala.

Menurut Luther Gullick:

  1. Planning (perencanaan) Perencanaan yang mempunyai kata dasar “rencana” pada dasarnya merupak suatu tindakan memilih dan menetapkan segala aktivitas dan sumber daya yang akan di gunakan dan di laksanakan sesuai dengan prosedur yang akan mendatangkan profit atau keuntungan untuk mencapai suatu tujuan atau target.
  2. Organizing (pengorganisasian) Pengorganisasian ini di artikan sebagai kegiatan pembagi tugas pada orang-orang yang terlibat dalam kerja sama di suatu organisasi. Kegiatan ini menentukan siapa saja yang mampu melaksanakan tugas yang telah di rencanakan.
  3. Staffing (penyusunan pegawai) Fungsi ini untuk menentukan atau memilih pegawai yang mampu menyelesaikan tugas yang telah di tentukan dalam perencanaan.
  4. Pengarahan (controlling) Fungsi yang satu ini di jalankan oleh seluruh pihak atau anggota dalam suatu organisasi, serta proses untuk memotivasi agar semua anggota dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.
  5. Pengawasan Fungsi pengawasan di lakukan untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian proses atau kegiatan yang telah di rencanakan berjala dengan baik sekali pun ada perubahan dalam lingkungan perbisnisan itu sendiri.

Tags:

"'fungsi manajemen pendidikan''Fungsi kepemimpinan dalam suatu organisasi atau lembaga pendidikan''keterkaitan fungsi fungsi manajemen terhadap evaluasi pendidikan''fungs manajemen pendidikan''fungsi manajemen dalam pendidikan''fungsi manajemen pada lembaga pendidikan''fungsi perencanaan pendidikan''kaitan fungsi manajemen pada evaluasi pendidikan''sumber manajemen pendidikan'"

Related Posts

0 Photos of the FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN

Leave a comment

You might also likeclose