TINGKATAN MANAJEMEN

Sponsored Links

Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrol sumber daya untuk mencapai tujuan, target, atau sasaran secara efektif dan efisien. Efektif disini berarti bahwa tujuan dapat di capai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien disini berarti bahwa tugas yang harus di kerjakan dan di laksanakan secara benar, terorganisir dan sesuai dengan jadwal. Berikut adalah tingkatan manajemen:

1. Manajemen tingkat atas (top management)

Manajemen tingkat atas adalah menajemen tingkatan tertinggi dalam piramida manajemen, yang terdiri atas eksekutif puncak dalam suatu organisasi. Yang termasuk ke dalam top manajemen antara lain adalah direktur utama, presiden, wakil presiden, gubernur, walikota, dan rektor. Manajemen puncak biasnya menggunakan waktunya untuk membuat rencana dalam jangka panjang.

2. Manajemen tingkat menengah (middle management)

Manajemen yang satu ini berada di tengah-tengah organisasi, mereka bertanggung jawab atas manajer lain yang mempunyai tingkatan lebih rendah terhadap beberapa karyawan operasional. Manajemen tingkat menengah bertanggung jawab terhadap pelaksanaan yang telah di tetapkan  oleh manajemen puncak. Tugas manajemen tingkat menengah diantaranya adalah menentukan beberapa  berapa banyak jumlah salesman untuk satu wilayah. Juga menentukan peralatan untuk pabrik atau perusahaan baru yang menghasilkan profit atau keuntungan yang banyak. Mereka juga bertanggung jaab terhadap manajer yang lebih senior dari mereka. Termasuk juga ke dalam tugas manajemen menengah yaitu kepala divisi, kepala bagian, kepala seksi, dekan, atau kepala cabang.

3. Manajemen tingkat lini pertama (first line management)

Tingkatan ini adalah tingat yang paling rendah dalam suatu organisasi yaitu orang yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan orang lain yang di sebut sebagai manajemen lini pertama atau tingkatan pertama. Mereka tidak perlu mengawasi manajer lain, mereka bertanggung jawab atas hasil kerja karyawan yang berada di bawah mereka dan mereka harus mengevaluasi setiap saat, setiap hari bahkan setiap jam. Mereka juga bertanggung jawab untuk merepkan rencana manajemen tingat menengah di lapangan. Yang termasuk juga ke dalam manajemen lini pertama, antara lain supervisor, pengawas, foreman, dan pelatih.

Sebenarnya pada tingkatan manapun, seorang manajer harus memilki kemampuan memotivasi karyawan atau staffnya untuk bisa mencapai tujuan dan berhasil. Termasuk kemampuan bekerja dalam tim maupun individu, kemampuan untuk membuat rencana juga harus di perhitungkan agar mencapai target, juga harus membuat rencana dalam jangka panjang, harus juga berani mengambil resiko, dan juga harus mempunyai keahlian yang interpersonal.  Seorang manajer juga harus mampu membuat kaywan atau staff yang tergabung dalam organisasi ini ikut membantu dan mau bekerja secara total dan maksimal untuk organisasi itu sendiri. Karena pekerjaan yang loyal akan membuahkan hasil yang maksimal untuk organisasi itu dan akan mendatangkan profit yang bbesar untuk organisasi itu sendiri.

Tags:

"'tingkatan manajemen''yhs-004''TINGKATAN MENAJEMEN''tingkatan-tingkatan manajemen''tinkatan manajemen'"

Related Posts

0 Photos of the TINGKATAN MANAJEMEN

Leave a comment

You might also likeclose